TUGAS MINGGU
6 :
1. SEBUTKAN PERBEDAAN PASAR DAN
PEMASARAN
2. JELASKAN YANG DIMAKSUD DENGAN BAURAN PEMASARAN(MARKETING MIX)
1.
Sebutkan perbedaan Pasar dan Pemasaran
a.
Pasar : konsumen pribadi
atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud
sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
b. Pemasaran : merupakan kegiatan
pemasar untuk menjalankan suatu bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi
kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga,
mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar
memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
2.
Jelaskan yang dimaksud dengan bauran pemasaran (Marketing
Mix)
Apa yang dimaksud
dengan bauran pemasaran (marketing mix)? Bauran pemasaran merupakan suatu
kerangka kerja yang membantu dalam penyusunan suatu pendekatan untuk setiap
pasar. Bauran pemasaran merupakan suatu kumpulan variabel yang dapat dikontrol
yang ditawarkan kepada (dan mempengaruhi) pelanggan. Variabel-variabel tersebut
meliputi: produk/jasa itu sendiri, ketersediaannya, imagenya (cara promosinya),
dan harga yang harus dibayar untuk mendapatkannya.
Variabel-variabel
tersebut merupakan sejumlah unsur (4P) dimana seorang manajer pemasaran harus
membaurkannya secara bersama-sama dalam mengoptimalkan sejumlah sumber daya
yang terbatas. Pada tahun 1960, Jerome McCarthy memperkenalkan konsep 4P kepada
dunia. Sejak itu, para manajer pemasaran di seluruh dunia menjadi terbiasa
dengan 4P (product, price, place, and promotion). Selain 4P ada
pendekatan-pendekatan lain untuk bauran (khususnya bauran jasa/7P).
Namun di sini kita hanya akan membahas secara
singkat setiap unsur dari 4P tersebut :
Product
(produk), yaitu kualitas produk atau jasa, fungsi-fungsi, sifat,
ciri-ciri, dan keuntungan karena desain dan pengepakan, garansi/jaminan, serta
pelayanan purna jual (after sales service). Berbagai pilihan bisa dibuat untuk
aspek-aspek mana pun.
Price (harga), meliputi harga yang ditawarkan kepada end-user, harga perdagangan distributor, diskon/potongan tunai, diskon besar-besaran dan kredit berjangka.
Place
(tempat), di mana dan kapan para pelanggan membeli dan mengkonsumsi produk
atau jasa itu. Tempat kadang-kadang dihubungkan dengan saluran pemasaran,
distribusi fisik logistik atau lokasi.
Promotion (promosi), merupakan bauran promosi atau bauran komunikasi. Bauran ini meliputi reklame/periklanan, promosi penjualan, publisitas atau pemberitaan, direct mail, pertunjukan, pameran, pengepakan, penjualan, dan juga secara lisan (dari mulut ke mulut).
Promotion (promosi), merupakan bauran promosi atau bauran komunikasi. Bauran ini meliputi reklame/periklanan, promosi penjualan, publisitas atau pemberitaan, direct mail, pertunjukan, pameran, pengepakan, penjualan, dan juga secara lisan (dari mulut ke mulut).
Jadi, bauran seperti
apa yang terbaik? Seorang manajer pemasaran harus menyulap sumber daya dan
memutuskan bauran pemasaran yang terbaik. Apakah uang harus dibelanjakan atau
dikorbankan pada saat harga diturunkan, pada saat kualitas produk-produk
ditingkatkan, atau untuk menambah armada truk pengiriman baru? Atau mungkin
menginvestasikan seluruh uang Anda pada kampanye iklan TV yang beresiko tinggi?
Di samping itu, pilihan pasar target mempengaruhi bauran tersebut. Jadi bauran
tersebut harus menyesuaikan diri dengan kebutuhan-kebutuhan pasar. Meskipun
demikian, 4P hanya merupakan suatu pendekatan untuk bauran pemasaran.
Referensi :
Disusun oleh : Rezabi Muntaha (25215851)
Syaifullah Husodo (26215759)
Komentar
Posting Komentar