Langsung ke konten utama

TUGAS MINGGU 5


TUGAS MINGGU 5 :

MANAJEMEN DAN ORGANISASI
1.   APLIKASIKAN/TERAPKAN FUNGSI MANAJEMEN PADA SUATU PERUSAHAAN YANG REAL/NYATA(YG PENTING ADA)
2.   BUATLAH SKEMA CIRI2 MANAJER PROFESIONAL DANKETERAMPILAN MANAJEMEN YANG DIBUTUHKAN



MANAJEMEN DAN ORGANISASI
                                                              
1)      Aplikasikan/terapkan fungsi manajemen pada suatu perusahaan yang real/nyata.
Istilah manajemen pasti sudah terbiasa Anda dengar, terutama bagi mereka yang bekerja di dalam suatu perusahaan, setiap divisi pasti dipimpin oleh seorang manajer atau unit head hingga top level manajemen yang secara hirarki berada dalam jajaran manajerial.
Kata Manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu manage, atau dalam bahasa indonesia bisa diartikan yaitu mengendalikan atau mengelola.
Fungsi utama manajemen yang diterapkan perusahaan adalah sebagai berikut:
1. Memimpin (Leading)
Tugas seorang manajer adalah agar orang lain bertindak untuk tujuan organisasi. fungsi ini meliputi: 
·                     mengambil keputusan (decision maker); 
·                     melakukan komunikasi (communicating); 
·                     memberikan motivasi (motivating); 
·                     memilih orang-orang (selecting people); 
·                     mengembangkan orang lain (developing people) melalui penilaian hasil kinerja,   memberikan saran dan pemberian latihan atau training
2. Merencanakan (Planning)
Tugas dan kegiatan utama pencanaan meliputi : 
·                     Forecasting atau meramalkan untuk waktu yang akan datang; 
·                     Membuat target dan sasaran (seat goal or targeting); 
·                     Programming (membuat acara) membuat rencana urutan kegiatan yang diperlukan untuk pencapaian target; 
·                     Schedulling (mengatur urutan waktu pelaksanaan atau time table); 
·                     Budgeting (menyusun rencana anggaran biaya); 
·                     Membuat Standard Operating Procedure (SOP) tentang pelaksanaan pekerjaan;
·                     Estabilishing and Interpreting Policies (menetapkan dan menafsirkan kebijakan-kebijakan pelaksanaan pekerjaan) 
3. Menyusun (Organizing)
Kegiatan mengatur dan menghubungkan suatu pekerjaan sehingga dilaksanakan lebih efektif dan efisien meliputi: 
·                     Design Organization Structure (Desain Struktur Organisasi), 
·                     Menentukan job description dari masing-masing jabatan untuk mencapai sararan organisasi; 
·                     Delegating Responsibility and Authority (mendelegasikan tanggung jawab dan wewenang) menetapkan pertangungjawaban untuk hasil yang dicapai; 
·                     Estabilishing Relationship (menetapkan hubungan-hubungan yang membedakan antara atasan dan staff); 
·                     Mendeskripsikan hal-hal yang dianggap efektif sehubungan dengan pemanfaatan sumber daya manusia guna pencapaian sasaran. 
4. Mengawasi (Controlling)
Melakukan pengawasan, pengendalian dan pengamatan meliputi: 
·                     Developing Performance Standard (perkembangan pekerjaan); 
·                     Measuring Performance (pengukuran hasil pekerjaan); 
·                     Taking Corrective Action (melakukan tindakan perbaikan dan mengoreksi kesalahan) 
Setiap fungsi manajemen atau seorang manajer harus mempunyai keempat keahlian diatas dan harus mampu menerapkannya dalam suatu kegiatan organisasi yang terpadu untuk mencapai tujuan utama perusahaan sesuai dengan prinsip manajemen.

1)      Buatlah skema ciri-ciri manajer profesional & keterampilan manajemen yang dibutuhkan.

 A) Skema ciri-ciri Manajer Profesional





B)    Skema Keterampilan manajemen yang dibutuhkan 





Referensi :


Disusun Oleh : Rezabi Muntaha (25215851)
                       Syaifullah Husodo (26215759)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL MANAJEMEN SUMBER DAYA

KEPUASAN KERJA BATINIAH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA  Oleh: Rezabi Muntaha Mahasiswa Prodi Akuntansi, Universitas Gunadarma Email: zabimuntaha@yahoo.com 1.       Latar Belakang Kepuasan kerja pada dasarnya merupakan sesuatu yang bersifat individual.Setiap individu memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda sesuai dengansistem nilai yang berlaku pada dirinya. Makin tinggi penilaian terhadap kegiatandirasakan sesuai dengan keinginan individu, maka makin tinggi kepuasannyaterhadap kegiatan tersebut. Jadi secara garis besar kepuasan kerja dapat diartikansebagai hal yang menyenangkan atau yang tidak menyenangkan yang manapegawai memandang pekerjannya. Menurut Herzberg seperti yang dikutip oleh Suryana Sumantri (2001:83),ciri perilaku pekerja yang puas adalah mereka yang mempunyai motivasi yang tinggi untuk bekerja, mereka lebih senang dalam melakukan pekerjaannya,sedangkan ciri pekerja yang kurang puas adalah mereka yang malas berangkat kerja k...

PROMOSI DAN MUTASI

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Nama : Rezabi Muntaha Kelas  : 4EB20 NPM  : 25215851 PROMOSI DAN MUTASI             Sebelum membahas lebih dalam baiknya kita perlu tahu dulu apa arti promosi dan mutasi tersebut. Berikut pengertian dari beberapa ahli dibawah ini : Promosi Wursanto (1998:68) istilah promosi (promotion) berarti kemajuan, maju ke depan, pemberian status penghargaan yang lebih tinggi. Heldjrachman (1991:111), menyatakan promosi adalah perpindahan dari suatu jabatan lain yang lebih mempunyai status dan tanggung jawab yang lebih tinggi, biasanya disertai dengan kenaikan upah, gaji dan hak-hak lainnya. Flippo yang dikutif oleh H. Malayu S.P Hasibuan (2000 ; 108 ) menyatakan bahwa : “ promosi berarti perpindahan dari suatu jabatan ke jabatan yang lain yang mempunyai status yang lebih tinggi. Biasanya perpindahan kejabatan yang lebih tinggi ini disertai dengan peningkatan gaji atau cepat lainny...