Langsung ke konten utama

TUGAS MINGGU 2

TUGAS MINGGU 2   :


1.              JELASKAN BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN (BERIKAN                                                      LANGKAHNYA)UKM DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR                                                PRODUKSI

2.              BERILAH MASING-MASING SEBANYAK 5 CONTOH RIIL                                                 PERUSAHAAN BERDASARKAN LETAK/TEMPAT

3.              SEBUTKAN DAN JELASKAN DENGAN SINGKAT APA YANG                                                MENJADI TUJUAN PERUSAHAAN

4.              JELASKAN APA YANG DIMAKSUD LINGKUNGAN INTERNAL DAN                                    EKSTERNAL SUATU PERUSAHAAN

5.              APLIKASIKAN SETIAP VARIABEL LINGKUNGAN INTERNAL DAN                                      EKSTERNAL BAGAIMANA PENGARUHNYA PADA SUATU                                                      PERUSAHAAN

6.              JELASKAN PERBEDAAN PRODUCER ORIENTED APROACH DAN                                          CONSUMER ORIENTED APROACH


JAWABAN TUGAS MINGGU 2
1.      - MODAL


MODAL ADALAH POKOK TERPENTING UNTUK MEMBANGUN USAHA. 

KARENA UANG AKAN TERUS BERGUNA UNTUK MENJALANKAN USAHA 

SEPERTI BAGAIKAN RODA YANG BERPUTAR

  
- IDE


MERUPAKAN GAGASAN POKOK PIKIRAN YANG MUNCUL                                          
SEBELUM MODAL, KARENA DALAM BERBISNIS KITA HARUS PUNYA                        
SESUATU HAL YANG MENURUT KITA MENARIK UNTUK   MENARIK RESPON          
PARA KONSUMEN TERSEBUT


- TENAGA KERJA


BIASANYA TENAGA KERJA YANG ULET ITU ADALAH SUATU ALAT 

PENDUKUNG UNTUK MODAL USAHA KECIL MENENGAH.DENGAN                       
TENAGA  KERJA YANG ULET KITA BISA DAPAT MENGHASILKAN PRODUK 

YANG BERDAYA SAING DAN BERKUALITAS BAIK


2.       - ) PT PERTAMINA    : PERUSAHAAN PENGEBORAN MINYAK BUMI
        LOKASI                 : JALAN MEDAN MERDEKA TIMUR 1A JAKARTA

   - ) PT PERKEBUNAN NUSANTARA (PTTN) : PERUSAHAAN                                                  DIBIDANG PERKEBUNAN
        LOKASI                  SUMATERA, JAWA, SULAWESI DANKALIMANTAN       


   -) PT KAI (KERETA API INDONESIA)    
      PERUSAHAAN DIBIDANG JASA ANGKUTAN DARAT 
      LOKASI  : BANDUNG

   -) PT PELNI (PELAYARAN NASIONAL INDONESIA)         :                                                 PERUSAHAAN  JASA ANGKUT DARAT
       LOKASI   : JAKARTA PUSAT


   -) PT SEMEN GRESIK  : PERUSAHAAN SEMEN
       LOKASI   : GRESIK



3.  TUJUAN PERUSAHAAN IALAH UNTUK MEMUASKAN                                                    
    KEBUTUHAN KONSUMEN DARI SUATU PRODUK YANG TELAH                                          
    PERUSAHAAN ITU BUAT DENGAN KUALITAS YANG TERBAIK.

   TUJUAN PERUSAHAAN DAPAT DIGOLONGKAN MENJADI 3:

1.TUJUAN PELAYANAN PRIMER

PEMBUATAN BARANG/JASA YANG DIJUAL UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN          KONSUMEN

2.TUJUAN PELAYANAN KOLATERAL

NILAI-NILAI YANG INGIN DICAPAI OLEH INDIVIDUAL ATAU KELOMPOK                INDIVIDU DALAM SUATU PERUSAHAAN

3. TUJUAN PELAYANAN SEKUNDER

NILAI-NILAI YANG DIPERLUKAN PERUSAHAAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN          PRIMER. TUJUAN PERUSAHAAN BERUPA:

-MENCAPAI KEUNTUNGAN YANG MAKSIMAL

-MEMPERTAHANKAN KELANGSUNGAN HIDUP

-MENGEJAR PERTUMBUHAN

-MENAMPUNG TENAGA KERJA

4.          -LINGKUNGAN INTERNAL 

        ADALAH BERBAGAI HAL ATAU PIHAK YANG TERKAIT LANGSUNG DENGAN           KEGIATAN SEHARI-HARI ORGANISASI DAN MEMPENGARUHI LANGSUNG                    TERHADAP SETIAP PROGRAM KEBIJAKAN HINGGA AKAR NYA ORGANISASI

-LINGKUNGAN EKSTERNAL 

ADALAH VARIABEL-VARIABEL DI LUAR ORGANISASI YANG DAPAT BERUPA TEKANAN UMUM DAN TREN DIDALAM LINGKUNGAN ATAU FAKTOR-FAKTOR SPESIFIK YANG BEROPERASI DALAM LINGKUNGAN KERJA


5.        EKOLOGI         : PENCEMARAN UDARA, AIR, SAMPAH

EKONOMI       : URBANISASI, PERTAMBAHAN, PENDUDUK, PAJAK

SOSIAL             : KRIMINALITAS, PENGANGGURAN

POLITIK           : PERTAHANAN KEAMANAN

HUKUM            : KEPUTUSAN DAN TRANSAKSI PERUSAHAAN


6.  - PRODUCER ORIENTED APPROACH 

      ADALAH PANDANGAN YANG BERORIENTASI PRODUSEN YANG MEMANG       COCOK PADA KEADAAN YANG DISEBUT SELLER’S MARKET ATAU PASAR PENJUAL. DALAM KONDISI INI PRODUSEN MASIH LANGKA SEHINGGA APA SAJA BARANG YANG DIHASILKAN OLEHNYA AKAN LAKU TERJUAL DAN DISENANGI OLEH LINGKUNGAN ATAU MASYARAKAT


- COSTOMER ORIENTED APPROACH 

ADALAH PANDANGAN YANG   BERORIENTASI KONSUMEN ATAU BIASA DISEBUT BUYER’S MARKET . DALAM HAL INI YANG MERUPAKAN FAKTOR YANG SENTRAL ADALAH MASYARAKAT ATAU KONSUMEN SEDANGKAN PENGUSAHA ATAU PARA BISNISMEN MENGELILINGINYA UNTUK MELAYANI KEBUTUHAN KONSUMEN SECARA LEBIH BAIK DAN LEBIH SESUAI DENGAN KEINGINAN SERTA SELERA LINGKUNGAN ITU



Disusun oleh : Rezabi Muntaha (25215851)
                      Syaifullah Husodo (26215759)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROMOSI DAN MUTASI

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Nama : Rezabi Muntaha Kelas  : 4EB20 NPM  : 25215851 PROMOSI DAN MUTASI             Sebelum membahas lebih dalam baiknya kita perlu tahu dulu apa arti promosi dan mutasi tersebut. Berikut pengertian dari beberapa ahli dibawah ini : Promosi Wursanto (1998:68) istilah promosi (promotion) berarti kemajuan, maju ke depan, pemberian status penghargaan yang lebih tinggi. Heldjrachman (1991:111), menyatakan promosi adalah perpindahan dari suatu jabatan lain yang lebih mempunyai status dan tanggung jawab yang lebih tinggi, biasanya disertai dengan kenaikan upah, gaji dan hak-hak lainnya. Flippo yang dikutif oleh H. Malayu S.P Hasibuan (2000 ; 108 ) menyatakan bahwa : “ promosi berarti perpindahan dari suatu jabatan ke jabatan yang lain yang mempunyai status yang lebih tinggi. Biasanya perpindahan kejabatan yang lebih tinggi ini disertai dengan peningkatan gaji atau cepat lainny...

SELEKSI TENAGA KERJA DAN PENEMPATAN

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA SELEKSI TENAGA KERJA dan PENEMPATAN Rangkuman 1 Nama: Rezabi Muntaha NPM: 25215851 Kelas: 4EB20 A.     Pengertian Seleksi dan Penempatan Menurut Umi Sukanti (1989-153) mendefinisikan seleksi sebagai suatu   proses penetapan pelamar yang mana diantara mereka direkrut dengan melalui pertimbangan persyaratan-persyaratan untuk dapat diterima dan melakukan pekerjaan dengan baik Seleksi dan penempatan merupakan langkah yang diambil segera setelah terlaksananya fungsi rekrutmen.Seperti halnya fungsi rekrutmen, proses seleksi dan penempatan merupakan salah satu fungsi terpenting dalam manajemen sumber daya manusia.seleksi dan penempatan merupakan serangkai langkah kegiatan yang dilaksanakan untuk memutuskan apakah seorang pekerja ditempatkan pada posisi-posisi tertentu yang ada di dalam organisasi. B.      Proses Seleksi 1.       Penyaringan Pelamar Lamaran kerja yang lengkap...

PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN Rangkuman 2 Nama: Rezabi Muntaha NPM: 25215851 Kelas: 4EB20 A.     Pengertian Pelatihan dan Pengembangan Menurut Sjafri Mangkuprawira (2004), “Pelatihan bagi karyawan merupakan sebuah proses mengajarkan pengetahuan dan keahlian tertentu serta sikap agar karyawan semakin terampil dan mampu melaksanakan tanggung jawabnya dengan semakin baik, sesuai dengan standar.” Sedangkan pengembangan memiliki ruang lingkup lebih luas. Dapat berupa upaya meningkatkan pengetahuan yang mungkin digunakan segera atau sering untuk kepentingan dimasa depan. Pengembangan sering dikategorikan secara eksplisit dalam pengembangan manajemen, organisasi, dan pengembangan individu karyawan Menurut Mariot Tua Efendi. H (2002), “Latihan dan pengembangan dapat didevenisikan sebagai usaha yang terencana dari organisasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan pegawai” B.      Jenis Program...